Trending

BPKAD Sinjai Gelar Workshop Akuntansi Berbasis Akrual

Laporan : Resky Ardi Djafar

MC-SINJAI,  Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)  Kabupaten Sinjai mengadakan Workshop Akuntansi Keuangan Daerah Akrual Bagi SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Sinjai yang dilaksanakan di Hotel Grand Asia Makassar, Sabtu (08/12/18).

Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam menyusun laporan keuangan pemerintah daerah yang mengikuti prinsip-prinsip good governance dan sesuai dengan peraturan dan sistem yang berlaku. 

Kemampuan yang diharapkan adalah dapat menyusun laporan keuangan SKPD (Badan, Dinas). Pelatihan ini ditujukan kepada pegawai pemerintah daerah yang menangani akuntansi keuangan daerah.

Salah satu nilai yang harus ada dalam Prinsip Good Governance oleh Pemerintah Daerah adalah adanya akuntabilitas keuangan daerah yang kredibel, yang dilakukan melalui reformasi pengelolaan keuangan daerah termasuk reformasi di bidang akuntansi pemerintahan.  

Hal ini berdasarkan peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan serta Permendagri Nomor 64 tahun 2013 tentang penerapan standar akuntansi pemerintah berbasis akrual pada pemerintah daerah.

Kepala Bidang Akuntansi BPKAD Sinjai,  Ifa Mulyana mengatakan, Pelaksanaan workshop ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas tata kelola pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan di perangkat daerah. 

"Mengingat opini WTP yang telah berhasil kita capai dalam kurun waktu dua tahun terakhir, membutuhkan kerja keras dan komitmen yang kuat dari semua pihak untuk mempertahankannya, sehingga peningkatan kompetensi ASN pengelola keuangan wajib hukumnya, karena akrual bukan lagi opsi tapi ini keharusan." ungkap Ifa Mulyana.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dihadiri Kasubag Program dan keuangan/PPK Perangkat Daerah,  Bendahara Penerima dan bendahara Pengeluaran Se-kabupaten Sinjai. (AaNd) 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates