Trending

Perbaiki Kualitas dan Populasi Sapi, Pemkab Sinjai Canangkan IB Plus

MC-SINJAI, Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa melakukan Pencanangan Inseminasi Buatan Plus yang berlangsung di Lapangan Lappaharu Desa Bulu Tellue Kecamatan Bulupoddo, Selasa (18/12) siang.

Dalam Sambutannya Bupati menyampaikan bahwa Pencanangan program IB Plus ini merupakan program kerja 100 hari Bupati dan Wakil Bupati Sinjai di sektor peternakan yang telah tertuang dalam RPJMD 2018 - 2023 dan program IB Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab) adalah program Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. 

"Jadi program IB ini adalah upaya penerapan teknologi dalam peningkatan populasi dan mutu genetik sapi, penyebaran bibit unggul sapi sehingga dapat dilakukan dengan mudah dan cepat juga merupakan perpaduan antara dua program yang dijadikan satu yakni pemberian IB secara gratis dan asuransi gratis.Olehnya itu, melalui program IB Plus ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya bagi peternak sapi atau masyarakat yang memiliki ternak sapi," jelasnya.

Selain itu Andi Seto  Juga menyampaikan bahwa peternak dapat meningkatkan program ini sehingga dapat meningkatkan pendapatannya yang otomatis akan mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Sinjai.

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Sinjai, drh. Aminuddin Zainuddin mengungkapkan bahwa tujuan IB Plus ini tidak lain adalah untuk menambah populasi dan memperbaiki genetik sapi. 

"Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas ternak sapi melalui program IB Plus dengan pemberian bibit berkualitas bagus dari Pengembangan sapi di Singosari. Kita ingin meningkatkan kualitas dari pada sapi itu sendiri karena sperma yang dimasukkan adalah sperma berkualitas bagus dari Singosari yang berat jantannya itu 1,3 Ton, serta target IB Plus ditahun 2019 mendatang oleh Pemkab Sinjai adalah sebanyak 10 ribu ekor," jelasnya.

Turut Hadir Dalam Acara Ini Para Forkopimda,Ketua Pengadilan Agama,Para Staf Ahli,Para Kepala BUMN/BUMD,Para Kepala OPD,Para Kabag,Camat Bulupoddo,Kepala Desa/Lurah Se-Kecamatan Bulupoddo. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates