Trending

Sinjai Targetkan 2 Ribu Hektar Lahan Jagung Hibrida

MC-SINJAI, Memasuki musim tanam bulan oktober hingga maret 2017, Pemerintah Kabupaten Sinjai menargetkan luas tanam jagung hibrida seluas 2 ribu hektare dalam rangka mewujudkan Indonesia swasembada pangan.

Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman pangan Hortikultura, Ir Jamil saat ditemui di kantornya, Selasa (11/10) mengatakan bahwa hingga saat ini jumlah luas lahan khusus pengnembangan jagung hibrida yang terdata  seluas 1.671 hektar dari  2 ribu target yang ditetapkan.

Ia merinci, untuk kecamatan Sinjai Utara luas lahan yang tersedia seluas 80 hektar, Sinjai Selatan 163 hektar, Sinjai Tengah 117 hektar, Sinjai Borong 215 hektar, Tellulimpoe 575 hektar dan bulupoddo 305 hektar.

"Jadi data ini masih sementara dan kita lakukan verifikasi apakah lahan tersebut betul-betul ril atau tidak, sembari menambah lahan lainnya untuk mencapai target," jelasnya.

Untuk itu pihaknya melakukan kerajsama dengan seluruh kapolsek, petugas pertanian kecamatan dan kordinator penyuluh kecamatan untuk melakukan verifikasi terhadap lahan tersebut.

Menurut Jamil, pengembangan  jagung hibrida di lahan khusus ini diarahkan pada lahan petani yang selama ini  belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Adapun bantuan yang disiapkan kepada petani perorangan maupun petani kelompok yakni pupuk, benih, handtarktor, obat-obatan pengendalian hama penyakit, alat pengering dan bantuan lainnya. 

"Berapapun luasnya, akan kita data dan berikan bantuan sepanjang lahan itu ada,"  katanya. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates