Trending

CCTV Akan Dipasang di Batu Pake Gojeng

MC-SINJAI. Situs di Taman Batu pake gojeng, Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan akan dipasangi Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengintai untuk memantau pengunjung.

"Tujuan CCTV dipasang untuk memudahkan pengawasan petugas Taman Purbakala Gojeng terhadap pengunjung," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinas Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan (Diskominfobudpar) Sinjai Dewi Anggriani di Sinjai, beerapa waktu lalu.

Menurut Dewi, CCTV juga membantu mengontrol pengunjung agar tidak merusak obyek wisata tersebut seperti merusak, mencoret-coret dan menghilangkan fasilitas yang ada di obyek wisata Gojeng. 

Selain itu, keberadaan alat cctv tersebut bisa membantu menjaga asset Pemerintah daerah Sinjai dari hal-hal yang tidak di inginkan.

"Triwulan ini semoga sudah terpasang, karena sudah ada alokasi anggarannya," ungkapnya.

Situs Batu Pake Gojeng merupakan kuburan batu yang terletak di kelurahan Biringere Kecamatan Sinjai Utara, sekitar 2 km dari pusat kota Sinjai, memiliki ketinggian  59 mdpl, 40 m  dari permukaan laut.

Batu Pake Gojeng dalam defenisi dikatakan Batu Pake adalah batu yang telah di pahat dan Gojeng adalah nama wilayah tersebut. versi lain mengatakan Batu Pake adalah batu bertuah bagi masyarakat setempat.

Puncak Taman Purbakala Batu Pake Gojeng juga merupakan Benteng pengintaian dan markas pertahanan Jepang dengan kemudahan mengawasi kapal laut yang melintasi Teluk Bone maupun pesawat terbang sekutu. 

Memiliki panorama alam Kabupaten Sinjai, memandang jauh deretan Pulau Sembilan dengan jejer rimbunan hutan bakau Tongke-tongke, serta laut yang biru menghampar diatas terumbu karang Larea-rea. 

Kompilasi alam yang membuat para pelesiran tertarik untuk mengadakan perjalanan wisata sekaligus sebagai wisata konveksi dan budaya arkeologi dimana memiliki nilai historis tersendiri.(L2). 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates