Trending

KASUBAG TU KEMENAG SINJAI BUKA PEMBINAAN HISAB DAN RUKYAT

MC-SINJAI,Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Kab. Sinjai menyelenggarakan Pembinaan Hisab Rukyat, Selasa (17/5/16) bertempat di Aula Kantor Kemenag yang diikuti unsur lembaga Dakwah dan Pimpinan Pondok Pesantren.

Kasubag TU, H. Roslan, S.Ag, M.Pd.I mewakili Kakan Kemenag pada pembukaan kegiatan menyampaikan bahwa kegiatan yang merupakan agenda tahunan menjelang  bulan Ramadhan  1437 H tersebut bertujuan untuk menyamakan perpepsi  tentang permulaan awal bulan Qamariyah sehingga dalam penentuan 1 Ramadhan 1 Syawal dan 10 Dzulhijjah sehingga seminimal mungkin tidak terdapat lagi pebedaan.

Dikatakan H. Roslan, selain  sebagai agenda tahunan yang dilaksanakan Kemenag, kegiatan tersebut juga sekaligus menambah bekal pengetahuan dan wawasan kepada Tokoh Agama yang berada di wilayah kab. Sinjai ini agar meraka dapat memberikan informasi Keagamaan yang benar kepada masyarakat, ungkapnya..

Olehnya itu, Kasubag menganggap pentingnya pewarisan ilmu, termasuk ilmu Hisab & ru’yat karena bukan hanya digunakan pada saat menentukan awal ramadhan dan satu syawal, tetapi lebih luas lagi, termasuk bagaimana membuat dan menghitung almanak, kalender, itu semua ada didalam ilmu hisab dan ru’yat. Sehingga pelatihan tersebut dapat diikuti oleh peserta dengan baik sehingga ilmu yang didapat bisa bermanfaat, harapnya.

Kegiatan yang betul-betul dimanfaatkan oleh peserta, dengan menerima materi dari narasumber masing-masing Ustadz H. Anwar Harun, Lc dan, H. Roslan, S.Ag, M.Pd.I  dengan metode hisab rukyat,  praktek dan tanya jawab tentang teknis penentuan permulaan awal bulan Qamariyah.(Zakaria Ridwan)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates