Trending

Polair Polda Sulsel Sosialisasi Anti Paham Radikalisme di Wilayah Pesisir Sinjai

MC-SINJAI, Guna menangkal paham radikal menghampiri warga di wilayah pesisir, Direktorat Kepolisian Perairan Polda Sulsel  menggelar program Quick Wins Polri dalam rangka penertiban dan penegakan hukum bagi organisasi Radikal dan anti Pancasila, bertempat di Kompleks TPI Lappa, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (19/5).

Kepala Bagian Operasional Ditpolair Sulsel AKBP H. Risman mengatakan bahwa sebagai wilayah terdepan yang berhubungan dengan laut, potensi penyusupan serta berkembangnya paham radikal perlu diwaspadai melalui jalur laut, sehingga kegiatan ini sangat penting dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada warga pesisir.

”Kegiatan sosialiasi ini dilakukan estafet di beberapa kabupaten di Sulsel khususnya di wilayah pesisir,"ujarnya.

Ia mengungkapkan, paham  aliran sesat di Sulsel sudah banyak ditemukan dan hal ini perlu diwaspadai. Sedangkan paham radikal anti Pancasila dan terorisme belum ditemukan di wilayah ini, namun upaya pencegahan (preventif) perlu dilakukan sedini mungkin, sebab hal tersebut tidak menutup kemungkinan akan masuk ke daerah ini melalui jalur laut.

Dalam sosialisasi ini ia juga mengajak masyarakat agar berperan aktif dalam upaya pencegahan tindak pidana di perairan, baik umum maupun khusus, diantaranya penangkapan ikan ilegal (ilegal fishing), peredaran narkoba, penyelundupan barang, penggunaan bahan peledak di laut.

Sementara itu Wakapolres Sinjai Kompol Ade Noho mengatakan bahwa peran masyarakat sangat penting dalam memberikan infomasi kepada Satuan Polisi Air (satpolair) Polres Sinjai jika ada tindakan ilegal yang ang terjadi di laut sebab personil dan sarana polair Sinjai masih terbatas.

“Meski sarana terbatas, namun kegiatan patroli di perairan untuk pencegahan tindak pidana di perairan rutin tetap kita lakukan ”ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut  Ditpolair Polda Sulsel juga memberikan bantuan sarana kontak quick wins berupa peralatan olahraga olahraga kepada klub olahraga yang ada di Wilayar Pesisir Sinjai.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Dispenda Sinjai, Drs. Akbar Mukmin, Kasatpolair Polres Sinjai AKP Alwi Tomson serta diikuti oleh puluhan masyarakat dan nelayan yang berada di Wilayah Pesisir Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara dan Pulau IX. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates