Trending

RSUD Sinjai Diusulkan Naik Tipe B

MC-SINJAI, Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai mengusulkan kenaikan taraf pelayanan Rumah Sakit Umum daerah (RSUD) Sinjai dari RS tipe C menjadi tipe B ke Kementerian Kesehatan.

Peningkatan tipe ini diharapkan nantinya dapat terealisasi, Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. Andi Suryanto Asapa  ketika menjadi narasumber  dalam giatan Focus Group Dicsussions yang dilaksanakan oleh Ikatan Alumni SMAA 277 Sinjai, di Gedung Pertemuan Sinjai, beberapa waktu lalu.

"Kita  usulkan RSUD Sinjai masuk tipe kelas B dan  penetapan kelas ini bukan kewenangan Dinkes, tapi Kemenkes," ujarnya.

Untuk mendukung kenaikan tipe tersebut, pihak RS harus menyiapkan infrastruktur, seperti penambahan jumlah tempat tidur, ketersediaan tenaga dokter ahli, ruang perawatan khusus, serta fasilitas lainnya. "Ini yang kita upayakan agar RSUD Sinjai bisa memenuhi standar tersebut," jelasnya.

Jika upaya ini telah terealisasi, maka RSUD Sinjai yang selama ini hanya bisa menerima pasien rujukan dari Puskesmas, juga akan menjadi Rumah Sakit rujukan dari kabupaten tetangga. 

"Jadi jika RSUD Sinjai sudah menjadi tipe B, maka kita akan menerima pasien rujukan dari Kabupaten Bone dan Bulukumba, sehingga tidak perlu lagi ke Rumah Sakit yang ada di Makassar," katanya.

Selain itu, Dinas Kesehatan Sinjai saat ini juga tengah mengupayakan agar Puskesmas Samaenre Kecamatan Sinjai Selatan berubah satatus menjadi Rumah Sakit tipe D Pratama. (AaNd)

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

About

Distributed By My Blogger Themes | Designed By Seo Blogger Templates